Rabu, 27 Maret 2013

Tips dan Trik Belanja Persiapan Masuk Dunia Kampus

Tinggal di tempat baru pasti menuntutmu berbelanja berbagai kebutuhan. Tempat mana saja yang bisa kamu datangi untuk memenuhi kebutuhanmu di kampus baru? Alumnus University of Washington, Army Wiwiksana, dalam Pre-Departure Orientation di kantor Education USA - American Indonesian Exchange Foundation (Aminef) memberi bocoran belanja efektif untuk para calon mahasiswa di Amerika Serikat (AS).
“Belanja berbagai kebutuhan di AS tidak akan sulit,” kata Army, “Pasalnya, kamu akan mendapat banyak pilihan barang dan toko untuk kamu kunjungi. Kota-kota besar di AS, keadaannya tidak jauh berbedalah dengan Jakarta.”
Army menjelaskan sedikitnya ada enam pilihan yang dapat kamu gunakan ketika berbelanja berbagai kebutuhanmu.
Departement store

Departement store menyediakan varian barang yang cukup luas dengan kualitas bagus. “Di Indonesia kita mengenal Sogo dan Pasar Raya. Nah inilah yang disebut departement store di sana. Harga-harga barang di departement store cenderung mahal tapi masih masuk akal. Karena itu, manfaatkan ‘sale‘,” Army mengingatkan.

Shopping mall

Mal di AS, kata Army, bisa disamakan dengan mal-mal di Indonesia , antara lain Ratu Plaza, dan Glodok. “Serupa dengan department store, berbagai barang juga dijajakan di mal. Harga-harganya juga tidak jauh beda,” Army menuturkan.
Specialty Shops

Toko penjual kebutuhan khusus ini biasanya memang membatasi barang-barang yang dijualnya pada kategori tertentu. Harga-harga barang pada toko-toko jenis ini biasnaya lebih mahal draipada harga barang serupa di toko yang lebih besar.

Discount stores

Toko-toko dengan diskon dapat terlihat seperti department store, tapi lebih elegan. Harga barang di toko diskon biasanya lebih murah, tapi dengan kualitas kurang bagus pula.

Factory outlet (FO)

Layaknya FO di Indonesia, di AS pun tidak jauh beda. Barang-barang yang dijual di FO biasanya hasil produksi satu atau beberapa pabrik saja. Terkadang,barang-barang ini didiskon atau bahkan barang-barang bekas. Karena itulah harga barang di FO cenderung lebih murah.

Garage sales

Garage sales umum dilakukan masyarakat AS ketika mereka akan pindah rumah, mahasiswa yang pindah tempat tinggal atau sudah menyelesaikan studi. Tak jarang, garage sales juga dilakukan ketika seseorang membereskan rumah mereka. Kamu bisa membeli banyak barang di garage sales seperti buku dan furnitur. Selain harga lebih murah, kamu juga bisa menawar barang-barang yang dijual. (kampus.okezone.com)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More