Rabu, 27 Maret 2013

Tips & Trik| Cara Meningkatkan Prestasi di Sekolah.

Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat di perlukan di masa remaja saat ini. Tanpa pendidikan apa dayanya seorang manusia dalam menggapai keberhasilan. Di sini Sekolah memegang peran penting Media pengembangan yang sangat berpengaruh pada kehidupan masa depan kita.



Di sekolah kegiatan menuntut ilmu Dimulai dari belajar menulis, berbicara, dan lain sebagainya diajarkan dengan baik sebagai perwujudan anak bangsa yang berprestasi. Tapi, Susahnya meningkatkan prestasi disaat masa-masa ke-emasan ini yaitu pada saat masa sekolah memang menjadi problematika banyak orang. Prestasi di Sekolah menjadi jaminan kita bisa di terima di banyak golongan masyarakat.




Saat ini tanpa sekolah manusia itu tidak di perlukan dalam dunia perkerjaan, sehingga menciptakan banyak kendala akan pengangguran. Tapi, akankah itu akan terus berlangsung dan tidak akan usai? Tidak, semuanya itu dapat di cegah dan tidak ada kata terlambat untuk berubah, asalkan mempunyai keinginan untuk terus belajar,belajar,dan belajar dengan giat di tambah dengan beberapa tips tentang cara agar berprestasi di sekolah:





1. Jadilah seorang pemimpin.





Mempunyai kepribadian seorang pemimpin merupakan ciri khas penentuan perilaku seorang yang berprestasi di sekolah. Di mulai dengan melatihlah rasa tanggung jawab. Karena dengan kepribadian yang gagah layaknya seorang pemimpin, Guru akan mempunyai rasa kenyakinan kepada kita. Mulai memimpin dari kepribadian dan teman-teman. Apa yang di suruh oleh guru haruslah di laksanakan tanpa pamri maka guru akan menaruh perhatian lebih kepada kita.





2. Mendengarkan penjelasan guru dengan baik.





Penjelasan dari guru merupakan makanan pokok bagi seorang pelajar, dengan mendengarkan penjelasan dengan baik maka ilmu yang di berikan oleh guru dapat kita serap dan tertanam di hati dan pikiran kita. Mendengar penjelasan sangat menentukan penyerapan dan pemahaman siswa dalam memahami isi pelajaran bidang study.



Persiapan pendengaran mulai di awal pelajaran dan mengusahakan memfokuskan pikiran pada topik pelaran di sekolah.



3. Jangan malu untuk bertanya




Kadang di sekolah saat proses pembelajaran pasti terdapat suatu penjelasan yang kurang di pahami atau belum sempat di dengar dari guru, maka janganlah segan-segan untuk bertanya pada guru pada bidang studi akan pelajaran yang kurang di mengerti dengan cara bertanya yang sopan, mengajukan tangan dan berdiri di tempat.

Pepata mengatakan "Malu bertanya sesat Di Jalan" itu sepertinya cukup untuk menjelaskan point ini. Selalu ajukan pertanyaan yang kamu tidak sanggup untuk di mengerti, maka terdapat point plus tersendiri dari guru tersebut dan menandakan anda sebagai siswa yang aktif di studinya.



4. Mengerjakan Pekerjaan Rumah |Pr dari guru dengan tepat waktu.





Selain mendapatkan nilai plus dari guru akan nilai tugas yang bagus, ternyata dengan mengerjakan Pr dari sekolah dapat mendongkrak daya ingat akan pelajaran yang telah di bahas pada pelajaran sebelumnya. Maka Jangan menunggu alasan untuk tidak mengerjakannya. Lakukan tugasmu ini dengan berkelompok, ini sekaligus melatih kamu pada point pertama.





5. Setiap pulang sekolah, selalu mengulang pelajaran yang tadi di ajarkan Setidaknya satu atau dua pelajaran.





Belajar sangatlah memerlukan pemahaman yang extra dan dengan mengulang pelajaranlah merupakan salah satu rahasia seorang yang berprestasi. Coba perhatikan siswa yang jarang mengulang pelajarannya dengan siswa yang giat mengulang pelajarannya. Terdapat banyak sekali perbedaan dan tentunya yang giat belajarlah yang akan meraih prestasi.
Memang setiap pulang sekolah biasanya kita malas untuk mengerjakan point yang satu ini. Terkadang kita lelah saat pulang sekolah lalu langsung makan dan tidur hingga sore, apa lagi jika di tambah dengan kegiatan yang tidak perlu seperti main ps atau sejenisnya. Tapi, usahakan untuk mengulang pelajaran yang tadi
di ajarkan oleh gurumu. Setidaknya ini berguna pada saat ulangan nanti pelajaran yang nanti di ajarkan mungkin saja muncul pada saat ulangan atau ujian.




6. Cukup istirahat





Point yang satu ini sangatlah di perlukan bagi seorang yang ingin meraih prestasi, kita tidak slalu di tuntut untuk selalu belajar dan belajara, kadang ini memerlukan jeda tersendiri dalam melaksanakannya dan istrahat yang cukuplah obat untuk mengobati kepengatan di proses pembelajaran. Semuanya dilakukan secara berimbang. Setelah pulang
sekolah, kita sering ingin cepat-cepat bermain dan melupakan segala hal penting lainnya, contohnya makan dan istirahat. Padahal setelah seharian di sekolah, tidak terasa badan kita membutuhkan masukan energi tambahan yang bisa di dapatkan dari istirahat dan makanan yang kita makan.

Oleh karenanya kita harus dapat membagi waktu untuk makan, istirahat dan bermain. Kalau semuanya dilakukan dengan baik, badan jadi segar setiap hari! Jadi tidak sering mengantuk di kelas!





7. Banyak berlatih pada pelajaran yang kurang di sukai





"Aku benci Pelajaran matematika..!!" kata ini yang sering kita temui dan kadang kita ungkapan jika membenci suatu pelajaran, apalagi dengan yang namanya Matematika. Memang hal ini sering kita keluhkan. Apabila kamu tidak menyenangi suatu mata
pelajaran.

maka banyak- banyaklah berlatih, mengikuti kursus atau belajar
berkelompok dengan teman.
Sehabis belajar bisa bermain dan menambah teman baru di tempat kursus. Selain itu, siapa tahu dari kurang menyukai matematika, kalian malahan menyukainya.





8. Ikutilah kegiatan eskul yang
kita sukai




Kegiatan eskul sangatlah penting dalam mengembangkan karakter kepribadian seorang pelajar. Cari tahu apa yang kamu sukai dan kamu cocok untuk kamu tekuni. Contohnya seperti eskul ICT atau ikut dram band atau kegiatan pramuka juga bisa. Cobalah untuk mengikuti kursus dari kegiatan tersebut sehingga
selain belajar pelajaran-pelajaran yang diajarkan di sekolah, sahabat juga dapat mendapatkan pelajaran tambahan di luar sekolah.



9. Cari seorang pembimbing yang baik dan menyenakan serta memotivasi




Belajar secara mandiri kadang merasa membosankan, maka carilah inofasi baru dengan konseling dengan kerabatat atau orang tua yang sekaligus adalah pembimbing yang baik selain guru. Apabila kamu tidak mengerti pelajaran yang di ajarkan gurumu di sekolah kamu bisa meminta petunjuk kepada orang tua anda. Selain itu, kalian juga dapat belajar dari teman yang berprestasi.



10. Jangan suka mencontek





Menyontek merupakan kegiatan yang sangat buruk. Hal ini memang menjadi penyakit masyarakat Indonesia pada saat ini. Banyak koruptor dan para pemimpin yang dangkal pemikirannya akibat mencoba point yang satu ini. Biasakan untuk tidak mencontek sejak kecil karena bibit ini akan tumbuh menjadi tunas emas.




Kalau mencontek, anda bisa kurang dalam pelajaran karena tidak berpikir sendiri. Lagipula belum tentu, teman yang kamu contek itu menjawab pertanyaan dengan benar. Jikalau sahabat rajin belajar, pasti bisa menjawab semua pertanyaan dengan benar sehingga mendapat nilai dan prestasi yang baik.

http://jurnal.heck.in

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More