Kamis, 24 Mei 2012

Penemuan Fosil Kerabat Panda


kerabat panda
Fosil sejenis panda kecil ditemukan para ilmuwan di Spanyol. Diduga, hewan yang dinamai Agriacartos beatrix itu hidup pada kala Miosen, 11 juta tahun lalu.

Fosil hewan Ursidae (keluarga beruang) ditemukan oleh para peneliti dari National Museum of Natural Science Apanyol (MNCN-CSIC) dan University of Valencia. Ukurannya sangat kecil, lebih kecil daripada beruang madu. Beratnyadiperkirakan kurang dari 60 kilogram. Untuk kamu ketahui, di antara anggota familia Ursidae yang masih ada, beruang madu merupakan yang terkecil. Familia Ursidae ini meliputi keluarga beruang, termasuk di dalamnya beberapa jenis panda.

Sayang, fosil Agriarctos beatrix yang dapat ditemukan ilmuwan hanya bagian giginya. Namun, dengan meneliti morfologi dan ukuran fosil gigi tersebut, para peneliti meyakini temuan itu merujuk pada spesies yang baru untuk dunia ilmu pengetahuan. Diperkirakan, hewan itu berbulu gelap dengan sapuan warna putih di bagian dada, seputar mata, dan dekat ekornya.

Agriarctos beatrix diperkirakan tidak seganas jenis beruang lain dalam berburu mangsa. Menurut peneliti, Agriarctos beatrix hanya memakan buah, dedaunan, hewan vertebrata kecil, serangga, madu dan hewan yang sudah mati. Para ilmuwan mempublikasikan hasil penelitian mereka di jurnal Estudios Geológicos terbaru. (TIS/ilustrasi : SINC)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More